Wisuda Sekolah Tinggi Teknologi Bandung XIV Tahun 2020, Coretan Mak Kinan


"Sekolah Tinggi Teknologi Bandung yang sudah berdiri 28 tahun yang lalu. Sejak tahun 1991 terus menerus mendapatkan respon yang baik dari masyarakat, di mana penerimaan mahasiswa baru di tahun 2019 kemarin mencapai 1.542 orang, meningkat 22 persen dari tahun sebelumnya," kata Bapak Muchammad Naseer, S.Kom., M.T, selaku Ketua STT Bandung di awal sesi sambutannya.

Menurut Bapak Muchammad Naseer bagi mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Bandung hanya memerlukan waktu 45 hari atau satu setengah bulan saja untuk masuk ke dalam dunia kerja bagi para lulusannya. Hal ini dikarenakan tingginya permintaan institusi atau instansi baik dari sekitar maupun luar kota Bandung.

Selain itu STT Bandung juga kerap melakukan rangkaian kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi baik dari dalam maupun luar negeri untuk meningkatkan kualitas kelulusan mahasiswanya. Lanjutan paparan Bapak Muchammad Naseer, S.Kom., M.T dalam hal perkembangan dan prestasi mahasiswa serta para dosen di awal acara Wisuda XIV STT Bandung kemarin.


Yaa, sabtu kemarin tepatnya tgl 11 Januari 2020, Sekolah Tinggi Teknologi Bandung melakukan perhelatan Wisuda XIV yang dilaksanakan di Harris Hotel & Conventions Hall, Bojongloa Kaler. Kami dari Pasukan Blogger Joeragan Artikel bertugas melipun secara online perhelatan ini.

Acara perhelatan berlangsung mulai pukul 08:00 hingga pukul 13:00 WIB dengan diikuti 209 orang mahasiswa lulusan dari 3 Program Studi (ProDi) STT Bandung. Adapaun detail mahasiswa lulusan pada perhelatan wisuda ke-14 ini adalah sebagai berikut:

  • Wisudawan Progdi Teknik Industri sebanyak 113 orang.
  • Wisudawan Prodi Teknik Informatika sebanyak 70 orang.
  • Wisudawan Prodi Desain Komunikasi Visual sebanyak 26 orang

Acara yang dimulai dengan Tarian Jaipong Madelangan sebagai tarian selamat datang bagi para hadirin serta tamu undangan yang berkenan hadir di acara perhelatan ini. Acara berlangsung dengan tertib dan khidmad dalam balutan nuansa ungu.



Sisi unik dari perhelatan wisuda XIV STT Bandung kali ini adalah dengan hadirnya pembicara putra sulung alm Bapak BJ Habibie, yaitu Bapak Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, M.B.A. yang juga merupakan Ketua Tim Pelaksana Dewan TIK Nasional (WANTIKNAS). 

Dalam presentasi ilmiahnya yang bertajuk ilmiah bertajuk “Peranan Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi di Era 4.0”, beliau memaparkan bahwa di era industri 4.0 ini perekonomian akan dipengaruhi dan dibentuk oleh teknologi, inovasi, serta kewirausahaan yang diperlukan untuk menjawab tantangan global. Jadi, sudah selayaknya apabila generasi muda berperan aktif menjadi pendorong di bidang UKM rintisan (start up).

Paparan ilmiah dari putra almarhum Bapak Habibie tersebut seirama dengan salah satu misi dan visi STTB, yakni mengupayakan terobosan inovatif dalam menghadapi tantangan global.


Nah, seperti pada wisuda-wisuda sebelumnya, pada wisuda STT Bandung ke-14 kali inipun juga diumumkan skripsi dan wisudawan terbaik dari lulusannya, diantaranya meliputi:

SKRIPSI TERBAIK TEKNIK INDUTRI

  1. Virgiawan Candra Bhakti, S.T dengan skripsi berjudul “Perancangan dan Pengembangan Hospital Transfer Bed Dengan Pendekatan Karakuri”
  2. Indra Rukmana, S.T dengan skripsi berjudul “Optimasi Produksi Dyeing Finishing Dengan Metode Integer Linear Programming”
  3. Zaenal Uyun, S.T dengan skripsi berjudul “Perbaikan Produk Meja Belajar Lipat Multifungsi Ergonomis Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Semangat Belajar Menggunakan Metode Kansei Engineering”

Wisudawan Terbaik Teknik Industri: Dheyu Laksmi Wulandari, S.T

SKRIPSI TERBAIK TEKNIK INFORMATIKA

  1. Deri Hermawan, S.KOM dengan skripsi berjudul “Aplikasi 3d Virtual Reality Sebagai Media Bantu Terapi Acrophobia Berbasis Android”
  2. Regina Sukma Citra, S.KOM dengan skripsi berjudul “Klasifikasi Ujaran Kebencian Debgan Metode Naive Bayes Classification Di Sosial Media Facebook Berbasis Web”
  3. Yasti Aisyah Primianjani, S.KOM dengan skripsi berjudul “Rancang Bangun Sistem Pemutus Aliran Listrik Kwh Meter Pascabayar Berbasis Web Menggunakan Mikrokontroler”

Wisudawan Terbaik Teknik Informatika: Muhammad Rizal Mutaqin, S.KOM

SKRIPSI TERBAIK DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

  1. Andri Setiawan, S.Ds dengan skripsi berjudul “Perancangan Aplikasi Rencana Anggaran Biaya Membangun Rumah”
  2. Bagus Arya Suseno, S.Ds dengan skripsi berjudul Pe”rancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik dan Peta Wilayah RT 07 RW 08 Baleendah Kab. Bandung”
  3. Luthfi Alfaritzi, S.Ds dengan skripsi berjudul  “Perancangan Boardgame Pengenalan Permainan Tradisional Jawa Barat Untuk Anak (usia 8-12 tahun) di Kota Bandung”

Wisudawan Terbaik Desain Komunikasi Visual: Tiffani Zeta D, S.ds



Penandatanganan MoU dengan Mitra Sekolah Tinggi Teknologi Bandung 

Sebagai salah satu wujud kepedulian Sekolah Tinggi Teknologi Bandung akan masa depan serta kualitas lulusannya guna terus menghasilkan sarjana teknik yang mumpuni dan siap pakai di masyarakat, maka di perhelatan wisudanya yang ke-14 kali ini pun dilaksanakan penandatanganan kerja sama dengan mitra STT Bandung.

Adapun mitra kerjasama Sekolah Tinggi Teknologi Bandung dalam MoU kerjasamanya kali ini adalah dengan:
  • Dirgantara Indonesia
  • Jasa Marga
  • Biofarma
Ketiga perusahaan di atas kita semua tentunya sudah paham bagaimana kiprah dan kualitasnya di Indonesia.

Di sesi akhir acara sebelum perhelatan ditutup dengan doa dan penutupan rapat Senat Terbuka Wisuda Sekolah Tinggi Teknologi Bandung XIV, dilakukan pula pengucapan janji wisuda dari beberapa perwakilan wisudawan/wisudawati STT Bandung.

"Selamat jalan para wisudawan, selamat berkiprah di masyarakat," ucapan perpisahan dari Ketua Yayasan Bapak Dr. Dadang Hermawan.


Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
www.sttbandung.ac.id
Jl. Soekarno Hatta No. 378 Bandung 40235


Salam

By,
-Kinan-

16 Responses to "Wisuda Sekolah Tinggi Teknologi Bandung XIV Tahun 2020, Coretan Mak Kinan"

  1. Keynote speakernya mantap ya dan STTB ini keren kerjasamanya. Selamat untuk para wisudawan. Semoga sukses dan bermanfaat ilmunya.

    ReplyDelete
  2. Keren yaa kerjasamanya,STTB semakin berjaya. Selamat pada wisudawaan semoga sukses meniti karir dan berkarya untuk bangsa

    ReplyDelete
  3. Wah, keren ya, skripsi mahasiswa STTB. Aplikatif semua, semoga semakin sukses.

    ReplyDelete
  4. MasyaAllah ... 1,5 bulan sudah bisa dapat kerja? Ini rezeki luar biasa ya sebagai alumni STT Bandung. Seperti yang kita tahu, persaingan di dunia kerja itu ketat sekali. Kalau bukan karena kualitas lulusannya yang sudah terbukti mumpuni, nggak mungkin deh secepat itu perusahaan mencari lulusan dari STT Bandung ini.

    ReplyDelete
  5. Semoga sukses para wisudawan. Keren keynote speakernya. Semoga kita semua siap menghadapi Revolusi Industri 4.0

    ReplyDelete
  6. Selamat bagi para wisudawan dan wisudawati. Semoga ilmunya berkah. Keynote speakernya keren abis.

    ReplyDelete
  7. Selamat buat seluruh wisudawan, dan semoga bekal ilmu selama kuliah ini semakin melengkapi amunisi untuk terjun langsung ke masyarakat, dengan karya-karyanya.

    ReplyDelete
  8. Senang ya Mbak gabung dengan PAS JA, ada kesempatan bisa liput wisudawan STTB.

    ReplyDelete
  9. Wah, Mbak Nanik ikut liputannya ya? Tahun ini aku absen, tahun lalu ikut heboh juga karena peluang bagi mahasiswa yang diorasikan saat acara wisudaan keren juga. Tahun ini pun keynote speakernya kece banget. Mantul nih STTB.

    ReplyDelete
  10. Beruntung ya, adik-adik wisudawan yang mendapat pembekalan usai kelulusan. Bahwa setelah lulus mereka harus tetap berinovasi dan terus belajar agar bisa bersaing di era 4.0

    ReplyDelete
  11. Acara yang keren karena bisa menghadirkan keynote peaker yang keren. Pak Ilham Habibie. Mitra MOUnya juga ga kalah keren dari BUMN semua . Sukses selalu untuk STTBandung

    ReplyDelete
  12. Msntul euy ada pak Ilham Habibie segala.. btw selama utk para wisudawan STTB ya,,, semoga sukses di dunia kerja nantinya.

    ReplyDelete
  13. Sukses selalu Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, semoga alumninya bisa terus berjaya, Aamiin

    ReplyDelete
  14. Pasti seneng bnget wisudawan yang diwisuda ini. Semoga ilmunya bermanfaat dan dapat diaplikasikan ke kehidupan. Barokallah

    ReplyDelete
  15. Sebagai lulusan sekolah tinggi juga jaman kuliah, aku masih ada rasa haru kalo baca liputan acara wisuda gini. Mantap bener ya keynote speakernya, pasti semakin menambah motivasi lulusannya semua. Salut banget mbak, ternyata gak pakek lama lulusannya udah pada diterima di dunia kerja ya :)

    ReplyDelete
  16. Datang langsung liat yang wisudaan itu jadi baper pengen wisudaan lagi. Apalagi pas moment liat ke orang tua MasyaAllah pecaaah

    ReplyDelete

tambahkan teks diatas kolom komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel