Bertumbuh Bersama Blogger Perempuan Network



Di era yang serba digital ini, perkembangan teknologi tentunya juga makin bertambah pesat, tul kan? Gadget yang kian canggih, internet yang bisa diakses kemana-mana, serta aktivitas sosial media yang makin marak saja. Layaknya interaksi di dunia nyata, di dunia maya pun tak kalah banyaknya orang saling berinteraksi. Saling menyapa, saling berkomentar, bahkan saling menebar manfaat. Seperti halnya interaksi di dunia nyata, kebiasaan khalayak pun mulai beralih bertambah dengan aktivitas dunia mayanya.

Selain aktivitas personal di dunia maya yang terus bertumbuh, aktivitas grup atau komuitas online pun  juga terus bertumbuh bersama dengan jalinan interaksi antar personal jagad mayanya. Atas dasar kesamaan hobi, latar belakang dan keahlian yang sama, terbentuklah berbagai komunitas online mereka di jagad maya. Karena sejatinya di era yang serba instan ini, untuk menggabungkan orang-orang yang mempunyai kesamaan minat dan keahlian pastinya sangatlah mudah. 

Sejak mulai mengenal dunia blogging, banyak komunitas blogger yang mulai saya ikuti. Menyadari bahwa jika kita ingin berkarya sendiri tanpa sistem organisasi, maka selain butuh mentor sebagai pembimbing, tentunya kita juga butuh wadah untuk tempat bertumbuh dan mengembangkan diri. Oleh karena itu menurut saiyah nih, bergabung dalam komunitas yang tepat merupakan salah satu solusinya. 

Alone we can do so little, together we can do so much
(Hellen Killer)

Nah, dari sekian banyak komunitas blogger yang saya ikuti, terdapat dua komunitas blogger yang membuat saya antusias berada di dalamnya. salah satu dari kedua komunitas itu adalah Komunitas Blogger Perempuan atau biasa dikenal dengan Blogger Perempuan Network ini.

Didirikan oleh keempat founder ketjeh, Mbak Alaika Fithria Abdullah, Mbak Shinta Ries, Mbak Dyane Dorothy dan Mbak Almazia Pratita. Blogger Perempuan Network merupakan komunitas blogger terbesar di Indonesia, dengan beranggotakan 4.661 blogger per hari ini. Tersebar di seantero Nusantara, bahkan ada yang berada di luar negeri pula, loh Sob. 

Berada dalam Komunitas Blogger Perempuan ini, banyak manfaat yang bisa kami dapat terutama buat Mamak rada gaptek seperti saiyah ini, hihihi.

1. Dipaksa Pinter
Blogger identik dengan teknologi digital, bukan? Pastilah jauh dengan istilah seputar emak, antara anak,  masak dan beberes rumah.
Dan ... walaupun banyak blogger senior yang terlebih dahulu bergabung dengan level kebloggerannya yang sudah tidak diragukan lagi di komunitas ini. Namun BP Network tetap peduli dengan blogger pemula macam kami ini, yang notabene banyak emak-emak yang pas-pasan dalam hal teknologi, hehehe.

Thread FB BP Network mengundang blogger baru untuk bergabung di whatsapp grup 'Blogger Perempuan Support'


Selanjutnya kami dimasukkan dalam satu grup whatsapp ‘Blogger Perempuan Support’, guna menggali kendala-kendala yang sering dijumpai blogger pemula dan bagaimana cara mengatasinya, misal kurang konsisten ngeblog dengan berbagai alasan, maka dibuatlah Tantangan Menulis 30 hari BP Network ini. Walau ternyata yang ikutan bukan hanya pemula, ehhtapi para senior dan juga mastah, hihihi. 
Kabar baiknya setelah Tantangan Menulis 30 hari BP Network ini selesai, akan diadakan training-training online lain buat kami para pemula ini, agar bisa cepat naik kelas tentunya. Seperti training bagaimana cara me-monitize blog agar tampilan makin ketjeh dan traffic blog makin naik. Seru kan?

2. Mengenal Banyak Member Ketjeh dan Ilmu yang Bisa Digali

Salah satu thread facebook BP Network 

Selain interaksi dengan grup kecil whatsapp untuk pemula, kami juga bisa berinteraksi lewat blogwalking di thread-thread harian yang dikemas cantik dan sudah disiapkan untuk semua member BP Network baik pemula maupun senior. Hingga tanpa disadari, otomatis kita banyak belajar dari beliau-beliau yang sudah lama berkiprah di jagad per-blogger-an mengenai isi content, cara memonitize blog mereka, hingga cara beliau-beliau berinteraksi dengan pembaca.

Bonusnya ... DA/PA kami jadi makin bertambah dengan blogwolking ini.

3. Terpacu Meningkatkan Performance
lomba yang difasilitasi BP Network

BP Network selalu mempunyai cara untuk meningkatkan performance anggotanya. Selain program Tantangan Menulis 30 Hari BP Network dengan berbagai tema yang sudah di siapkan. BP Network juga memfasilitasi berbagai lomba dari rekan brand mereka. tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, ya.

Ok Sobat, diatas adalah tiga manfaat bagi saya bergabung dalam Blogger Perempuan Network ini. Ehhtapi Sob, selain manfaat yang didapat, ada tiga alasan pula kenapa saya tertarik dan sangat antusias bergabung bersama BP Network ini, antara lain.

1. Terorganisir dan Dikelola dengan Prfosional
... Sejujurnya, saya sedih kalo ada tudingan para blogger baru ini niatnya jadi blogger hanya cari uang saja. Plis, gimana mikirnya ngga hanya mendapatkan uang kalau komunitas yang ada saja isinya memberikan job tanpa ada yang ngajarin cara membangun blognya supaya lebih baik.
Sedari awal, Blogger Perempuan Network bisa dibilang menjadi inkubasi para blogger yang ingin menjadi profesional. Profesional dalam hal ini adalah yang menjalankan profesi blogger dengan penuh tanggung jawab dan memiliki metrik yang bagus, baik itu dalam blog dan juga media sosial. Makanya, sedari awal Blogger Perempuan Network membuat sistem yang dapat dimanfaatkan untuk menuju kelasnya para pro blogger ...
(Sumber: https://shintaries.com/manfaat-gabung-blogger-perempuan-network)

Nah ... Keren kan? Mirip SOP perusahaan saja, ya BP Network ini? 
Blogger Perempuan Network mempunyai sistem atau aturan yang baku dan jelas bagi para anggotanya dalam berinteraksi di komunitas ini. Termasuk standart blog yang nantinya sudah layak dikategorikan naik kelas.

2, Founder yang Ramah dan Tidak Pelit Ilmu



Saat awal gabung di whatsapp grup Blogger Perempuan Support untuk para blogger pemula. Luar biasanya para suhu BP Network yang terdiri dari Mbak Alaika Fithria Abdullah, Mbak Shinta Ries, dan Mbak Almazia Pratita, ternyata beliau-beliau personal yang baik dan ramah, loh. Setahu saya nggak banyak dari founder komunitas besar dan sudah menelorkan banyak mastah nih, berkenan meluangkan waktu berinteraksi di wa group bersama para pemula yang ilmunya pas-pasan dan banyak gak ngeh-nya ini. Namun  beliau-beliau memang berbeda, dengan penuh kesabaran beliau berkenan mengajarkan solusi dari beberapa kendala blog yang kami hadapi.

3. Peduli Peningkatan Skill Anggotanya
Apa Saja Yang Bisa dilakukan di Blogger Perempuan Network?
Saran saya, manfaatkan sampai habis apa yang ada di Blogger Perempuan Network hahaha. Karena kami membangun betul-betul mulai dari nol dengan mempertimbangkan manfaat yang akan didapatkan oleh blogger. Baik secara online maupun offline ...
(Sumber: https://shintaries.com/manfaat-gabung-blogger-perempuan-network)

Serasa tidak ingin, anggotanya bergabung tapi tidak memperoleh banyak manfaat. Dalam BP Network ini, warrbiasanya para founder BP Network ini sangat peduli dengan peningkatan skill anggotanya. Antara lain dengan memfasilitasi lomba yang diadakan rekanan brand BP Network, memberikan program tantangan menulis pada anggotanya, maupun training-training online dan offline yang diadakan BP Network.

Jadi Sobat, bersama Blogger Perempuan Network ini, kita serasa berada dalam lingkungan organisasi besar yang dikelola secara profesional sehingga membuat anggotanya nyaman dan saling bersinergi. Finally, all tim yang berada dalam naungannya bisa berkreasi dan berinovasi, namun tetap tersupport juga terapresiasi. Mayan kan? Berasa nggak sendiri lah kita dalam berkarya.

Kalau Sobat Blogger, apa nih motivasinya bergabung di Blogger Perempuan Network?



-Kinan-

26 Responses to "Bertumbuh Bersama Blogger Perempuan Network"

  1. Wah saya baru sebatas silent reader di sana. Mana belum tercantum sebagai anggota pula. Hahaha. Spertinya menarik ya apalagi kalau bisa gabung grup wa nya. Tapi takut sy gak bisa aktif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Grup wa-nya, hanya seputar tanya jawab tentang kendala blogger saja koq mbak. Untuk naruh link blog, tetap diarahkan ke thread Fb.

      Delete
  2. Dipertemukan dengan komunitas yang sangat pas untuk belajar dan berkarya ya, Mbak. Aku malah belum bergabung di group WA-nya BP. Bagaimana caranya, sih? Hehehe ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek di thread FB Mbak Melina. Cari thread seperti gambar di point 1 di atas ya mbak. Nanti diarahkan ke link wa grup BP Support.

      Delete
  3. Saya dulu join dibgrup WA dan Telegramnya, tapi gara2 hapenya error hilang semua grup. Pengen join lagi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh, eman ya mbak. Semoga bisa join lagi di grup BP Support mbak. Ilmunya daging semua, hehehe

      Delete
  4. Aku ya banyak belajar dari BPN ini. Dari milih template sampai dapat job pertama juga dari BPN.
    Sukses selalu BPN...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups mbak, semoga terus sukses dan selalu menebar manfaat bagi para blogger. Aamiin

      Delete
  5. Wah jadi nyesel deh aku mba Nanik, g ikutan challenge BPN. Sepertinya menarik dan banyak manfaatnya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutan saja mbak. Di isi saja thread Fb BP Network-nya, tentunya harus gabung dulu.
      Saya juga berpasrtisipasi saja koq mbak. Mayan-lah buat konsisiten dan nambah isi blog kita, hehehe.

      Delete
  6. Saya belum lama bergabung, tapi masih nyimak-nyimak aja. Masih bayi. Baru lahir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss lah kita mbak, saya juga baby blogger. Baru empat bulan, hihihi.
      Semangat Mbak Arie.

      Delete
  7. BPN ini keren semua membernya. Aku masih silent reader hehe, pengen aktif ahh 2019 di BPN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh Mbak Sinta silint reader saja dah top banget blog-nya, apalagi kalau dah aktif ya? Hehe
      Makasih dah mampir Mbak Sinta. Tulisan Mbak Sinta selalu menginspirasi.

      Delete
  8. BPNetwork emang fasilitator paling kece buat blogger khususnya perempuan. Dia basicnya memang start up sih, jadi manajemennya emang perusahaan. Anyway, semoga betah terus bertumbuh dengan BPN ya, Mbak. Banyak banget keuntungan dari komunitas ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih dukungannya Mbak Damar.
      Iya keren ya Mbak Damar, dah mirip SOP perusahaan saja BP Network ini.

      Delete
  9. Saya baru gabung mb, baru ngerti juga kalo ada grup wa nya, ya. Terimakasih sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak ada, cek di thread Fb BP Network yang ada di point 1 (tulisan saya ini) tentang manfaat gabung di BP Network. Mungkin bs dicoba mbak.

      Delete
  10. BPN tempat saya dapat semangat karena ilmu, kegiatan, lomba yang diadakan memacu diri untuk menjadi lebih baik lagi.
    Juga, suka dengan job-jobnya...kwkwwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga termotivasi gabung BP Network awalnya dari obrolan Mbak Dian, hehehe.
      Makasih dah selalu memberi inspirasi kami ya mbakkuh.

      Delete
  11. Wah aku juga member di sana. Dan pernah japrian sama mba Shinta, baiiikkkk banget beliau. Ah senang deh pokoknya gabung di BPN.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, Mbak Shinta baikk banget. Kita tanya apa saja di grup dah langsung dijawab beliaunya.

      Delete
  12. BPN adalah komunitas blogger yg pertama sy kenal. Keren lah bisa gabung di sana walopun blm aktif banget, sih. Baru tau ada grup WA nya juga. Baru dibentuk apa udah lama ya grupnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru dibentuk buat pemula seperti yang di thread saya share di atas mbak Tatiek. Bulan september kalau ndak salah.
      Untuk yang bukan pemula sepertinya masuk di grup senior, mirip grup Mbak Betty itu Mbak Tatiek.

      Delete
  13. BPN memamg keren, bisa dapai info yang bisa membuat saya berilmu. Alhamdulillah mksh BPN....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mbak Erni.
      Alhamdulillah dipertemukan dengan wadah yang tepat. Bismillah makin terpacu dan tetap menebar manfaat ya mbak.

      Delete

tambahkan teks diatas kolom komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel