5 Fakta Unik Suroboyo Bus yang Perlu Diketahui


Sumber: Dishub Surabaya

“Malam Bapak, ada kartu setor sampahnya?” tanya helper Suroboyo Bus

“Ini Mbak,” jawab Si Bapak sambil menyerahkan selembar uang.

“Maaf Bapak, kami hanya menerima pembayaran langsung dengan sampah botol plastik dan tidak menerima pembayaran dengan uang tunai. Bapak bisa memberikan ke kami sampah plastik dari 3 botol air mineral ukuran 1500 cc, 5 botol air mineral ukuran 600 cc, atau 10 gelas air minum mineral,” petugas helper menjelaskan.

“Maaf Mbak, Saya tidak tahu,” jawab Si Bapak

“Ndak apa-apa Bapak, karena ini rute terakhir dan sudah malam. Untuk malam ini Bapak kami perbolehkan naik. Tapi besok-besok tolong disiapkan dulu botol air mineralnya, ya! Atau Bapak bisa juga menukar botol mineral tersebut di Bank Sampah Terminal Purabaya sebelah kanan bus parkir tadi, selanjutnya Bapak akan menerima kartu setor sampah seperti milik Ibu ini.” mbak helper Suroboyo Bus menambahkan penjelasannya.

“Baik Mbak, terima kasih banyak diperbolehkan naik.” lanjut Si Bapak.

            Perbincangan ini terjadi semalam, saat kami berada di dalam ‘Suroboyo Bus’ antara petugas bus dengan salah satu penumpangnya. Mungkin karena gerah dan suhu udara yang panas, mendadak semalam kami ingin berkelililng Surabaya, tapi malas naik motor. Akhirnya kami mencoba naik Suroboyo Bus saja. Ternyata beneran seru loh naik Suroboyo Bus itu, bisa kelililng Surabaya sampai Tugu Pahlawan pulang pergi, tapi dibayar hanya memakai botol plastik bekas saja, padahal busnya ber-AC, luas, dilengkapi kamera CCTV, modern dan mewah pula. Pemkot Surabaya memang ndak pernah kekurangan ide kreatif, ya?

Karena perjalanan kami malam ini adalah rute terakhir, maka bus yang membawa kami keliling Kota Surabaya adalah Surabaya Bus Bertingkat.

Hai, Sobat Blogger! Sudah pernahkah ke Surabaya? Saat kita menyebut Kota Surabaya, apa yang terlintas dalam benak para Sobat? Kota Pahlawan, Kota terbesar kedua setelah Jakarta atau Bonek Mania?

Yup, banyak julukan buat kota kami tercinta ini. Namun selain banyak julukan, Surabaya saat ini juga terus meng-upgrade kotanya dengan segudang prestasi loh.  Berbagai prestasi baik nasional maupun internasional sudah pernah diraih. Hal ini membuat Kota Surabaya mulai disejajarkan dengan kota-kota hebat lain di dunia, seperti Seoul (KorSel), Tokyo dan Yokohama (Jepang), serta banyak kota besar lainnya.

Sebagai warga Surabaya, tentunya kami bangga dong. Karena dalam 10 tahun terakhir ini Surabaya semakin maju, bersih, tertata, dan penuh dengan prestasi. Pemerintah Kota Surabaya makin memantapkan diri dengan meningkatkan mutu pelayanan publiknya. Fasilitas-fasilitas publik pun mulai dibenahi dan makin mempercantik diri. Tuntutan kreatif ala Milenial masa kini menyebabkan Pemerintah Kota Surabaya mulai membuat terobosan-terobosan baru yang modern dan juga kekinian. Hebatnya beberapa terobosan itu sudah mendapatkan apresiasi dari organisasi dunia, seperti Penghargaan Future Gov Award 2013 dalam hal pengolahan data, yaitu Kategori Data Center dan Data Inclusioan. Mantap!
Nah, saat ini Pemerintah Kota Surabaya juga sedang melakukan terobosan terbaru lainnya dalam hal penyediaan sarana transportasi massal. Terobosan sarana transportasi yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya ini tergolong unik dan kreatif, namanya Suroboyo Bus.

Penasaran kan Sobat, sebenarnya apa saja ya keunggulan dari  fasilitas Suroboyo Bus ini?
Dan inilah 5 fakta unik juga menarik yang diunggulkan dari fasilitas Suroboyo Bus kebanggaan warga Surabaya:
Sumber: Nanik K


1. Ramah Lingkungan
            Pemerintah Kota Surabaya sangat mendukung Program Ramah Lingkungan, salah satunya dengan mengurangi jumlah sampah plastik. Oleh karena itu sistem pembayarannya hanya dengan menggunakan sampah plastik botol air mineral saja, jika ingin naik Suroboyo Bus ini. Seperti yang diinfo helper bus saat kami naik Suroboyo Bus semalam.
2. Alat Transportasi yang Aman, Nyaman dan Modern
            Dari perbincangan singkat dengan salah satu helper 'Suroboyo Bus’ diceritakan bahwa terdapat dua macam armada Suroboyo Bus, yaitu Suroboyo Bus Bertingkat dan Suroboyo Bus tidak bertingkat. Adapun beberapa fasilitas yang terdapat dalam bus ini, antara lain:
  • Baik Bus bertingkat maupun yang tidak, setiap bus dilengkapi fasilitas 12 kamera CCTV yang terpasang di dalam body bus dan 3 CCTV di bagian luar. Sehingga aman jika ada orang yang berniat kurang baik ataupun tidak sopan pada penumpang lain, karena mudah dilacak.
  • Dengan luas 2,4 x 12 meter untuk bus yang tidak tingkat membuat ruangan bus serasa luas dan nyaman. Untuk bus tingkat, hampir mirip hanya bedanya tidak dilengkapi tempat berdiri, jadi semuanya duduk, tapi tetap terkesan luas. Keduanya sama-sama dilengkapi dengan kaca jendela yang besar sehingga bisa leluasa melihat jalan, sepintas mirip bus angkut antar pesawat di bandara untuk bus yang tidak tingkat.
  • Memiliki ketinggian pintu masuk yang rendah, sehingga memudahkan penumpang untuk naik ke dalam bus.
  • Memiliki sensor pintu yang didesign otomatis sehingga bus tidak bisa berjalan saat pintu terbuka.
  • Terdapat tombol darurat bila bus terjadi kebakaran atau kecelakaan, jika tombol ini ditekan pintu otomatis akan terbuka dan penumpang bisa segera keluar dari dalam bus.
  • Untuk Sobat yang difabel, ada tombol khusus dekat pintu masuk. Jika tombol ini ditekan, maka Helper Bus akan membantu Sobat difabel masuk ke dalam bus.
3. Rute Terjadwal
            Dari 10 armada Suroboyo Bus saat ini, ada tiga rute pemberangkatan yaitu Rute PP Purabaya-Rajawali, Rute Purabaya-Gereja Pringadi, Rute ITS-Unesa Lidah. Semua rute menggunakan start keberangkatan yang sama, dimulai pukul 06.00 hingga pukul 22.00. Untuk memperlancar pelayanannya, Dinas Perhubungan Kota Surabaya juga menyediakan layanan aplikasi GoBis, sehingga calon penumpang bisa melihat jadwal keberangkatan dan kedatangan bus di setiap halte asal dan tujuan. Keren, kan!
4. Kru yang Ramah
            Setiap bus, terdiri dari 2 kru bus, satu orang sebagai driver dan yang lain sebagai helper, khusus untuk bus bertingkat terdapat dua orang helper untuk mendampingi penumpang di lantai 1 dan di lantai 2. Setiap penumpang yang masuk bus, disambut dengan helper yang ramah. Mereka akan menyapa dan mempersilakan penumpang untuk duduk di tempat yang disediakan dengan ramah dan selalu tersenyum. 
5. Mengakomodir Banyak Kebutuhan
             Setiap pagi hingga petang, bus dengan kapasitas 75 orang ini dipenuhi penumpang dari berbagai macam kalangan, baik pelajar, pegawai, pedagang, pensiunan juga wisatawan lokal dengan berbagai kepentingan. 

Seru kan Sob! Jalan-jalan menggunakan angkutan Suroboyo Bus? Dinas Perhubungan Kota Surabaya terus meningkatkan fasilitas layanan alat transportasi ini. Kabarnya akan ada tambahan armada lagi di tahun 2019, agar semakin banyak masyarakat yang bisa menikmati fasilitas Suroboyo Bus ini.

Nah, jika Sobat Blogger sudah sampai ke Surabaya, jangan lupa mencoba serunya naik angkutan Suroboyo Bus, ya!

-Kinan-

36 Responses to "5 Fakta Unik Suroboyo Bus yang Perlu Diketahui"

  1. keren yah kak konsepnya bs mengurangi sampah plastik, mengurangi emisi, dan bebas macet hehhe

    ReplyDelete
  2. Benar pak, ide kreatif Dishub Kota Surabaya memang patut diapresiasi.

    ReplyDelete
  3. Wah keren.., bisa menaikkan harga botol plastik bekas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, yang diharapkan adalah mengurangi sampah plastiknya. Agar bisa didaur ulang menjadi fungsi guna yang lain, seperti tas, pot tanaman dan lainnya.

      Delete
  4. Aaaah dua kota yang menurutku kreatif dan inovatif adalah Surabaya dan Bandung. Berarti, kalau mau naik Bus ini harus siapkan botol air bekas ya. Kalau naik bertiga verarti botolnya dikalikan 3 juga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mbak Dwi Arum, dikalikan 3 mbak. Atau lebih simple memakai sampah bekas gelas air mineral saja, tinggal ditumpuk sampah gelas air mineral tadi jadi ndak perlu bawa kresek besar saat ingin naik moda Surabaya Bus ini.

      Delete
  5. Karena tinggal di Kediri, sejak merantau saya selalu transit di Surabaya setiap perjalanan pulang kampung ..Dan makin ke sini selalu kagum dengan perkembangannya. Salut dengan idenya termasuk Suroboyo Bus ini...Gilaaa, bayarnya pakai sampah. !!Keren!!
    Semoga kota lain bisa meniru banyak langkah Surabya dalam memajukan kotanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip Mbak Dian, jika pulang ke Kediri lagi jangan lupa mencoba serunya naik moda Surabaya Bus ya mbak.

      Delete
  6. Wow, baru tau ada moda transportasi yang keren seperti Suroboyo Bus. Bisa ditiru di kota-kota lain nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ya mbak, biar makin banyak kota di Indonesia yang mulai dilirik dunia karena prestasi dan semangat pelayanan terbaik pada masyarakatnya, terutama dengan sajikan unik ala kekinian.

      Delete
  7. Wizz keren nih idenya. Kayaknya di kota lain belum ada ya mba? Sujses deh untuk Suroboyo!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya beberapa kota punya armada bus ini, tapi busnya ndak sebagus moda Suroboyo Bus ini mbak. Dan kebanyakan rutenya terbatas plus ndak banyak juga.

      Delete
  8. Replies
    1. Yuk mbak, cuzz langsung ke Terminal Purabaya hehehe ...

      Delete
  9. Surabaya keren yah mba. Semoga kota lain menyusul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga ya mbak. Biar makin terasa goncaangannya di dunia, karena makin banyak kota di Indonesia berinovasi menjadi pembeda yang oke.

      Delete
  10. Waw keren ikh mba sistem Bisnya. Unik juga ya, saya pun jadi tahu kalau nanti ke suroboyo dan naik bisnya ngumpulin sampah dulu biar dapat tiketnya. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mbak, mampir ke Surabaya dan nikmati serunya naik moda Suroboyo Bus ini.

      Delete
  11. Menarik ya busnya, kapan2 nyoba kalau ke Suroboyo yaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mbak, silakan di coba. Dan nikmati sensasinya ya mbak ...

      Delete
  12. sejak ada bis ini saya malah jadi pengin naik lagi, pengen nyoba naik malam-malam hehehe hehehe, salam kenal ya mba, saya juga nulis ttg SB ini di blog saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mbak Mega. Senang bisa berkenalan dengan Mbak Mega.
      Kapan hari naiknya pas malam mbak, karena paginya kerja hehehe.
      Menurut saya nih,buat pekerja wanita yang harus pulang malam sendirian, lebih aman naik bus ini saja. Karena fasilitasnya sudah didesign untuk menghindari 'orang yang usil'.

      Delete
  13. Waini ... Ide kreatif dalam menanggulangi masalah sampah. Kalau menemukan sampah di jalan, kita jadi terpikir until mengambilnya ya karena bisa ditukar dengan kursi di Suroboyo Bus. Patut dicontoh, nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak, jangan di buang eman ... hahaha.
      Dikumpulin buat naik moda Suroboyo Bus ini.

      Delete
  14. Ini mirip kaya transjak ya mba? Wah keren banget Suroboyo punya kaya gini. Jadi pengen cobaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Steffi, tapi ndak bayar pakai uang. Bayarnya pakai sampah hehehe. Unik ya!

      Delete
  15. Mantap Surabaya... Insha Allah pengen nyoba klu pas jln2 di Kota Pahlawan. Kerennn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mbak, kan Surabaya-Malang deket. Kalau ndak macet ya mbak, hehehe
      Dijamin suka mbak naik moda Suroboyo Bus ini.

      Delete
  16. Wah, idenya kreatif sekali. Bisa dengan botol bekas saja bayar busnya. Kereeenn. Coba gak hanya berlaku di bus aja yaaa �� ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, hitungan emak-emak dah mulai jalan ya mbak.
      Tentu tabungan kita jadi buanyak ya mbak, kalau semua dibayar pakai sampah hehehe ...

      Delete
  17. Cek list. Ketika nanti sya ke Surabaya sya udah tau harus naik apa hehehehe. Konsep botol plastik itu bener-bener bikin sya amaze ������

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek list rutenya ya mbak. Mbak Titi mau ke arah mana?
      Ada layanan aplikasi GoBis yang disediakan Dinas Perhubungan Kota Surabaya untuk mempermudah keberangkatan dan kedatangan moda Suroboyo Bus ini.
      Silakan dicoba!

      Delete
  18. Wah serunya naik bis bayar pakai sampah. Idenya bagus banget pasti Surabaya jadi kota ramah lingkungan ya. Terakhir ke Surabaya waktu mau kuliah kayaknya sudah ratusan purnama berlalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh lama banget ya mbak.
      Sepertinya Mbak Ummu Arrahma memang harus jalan-jalan ke Surabaya lagi nih. Biar makin cinta dengan Surabaya hehehe

      Delete
  19. Wah, konsepnya keren banget. Busnya juga keren. Jadi pengen nyoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk Mbak. Silakan mampir Surabaya dan mencoba naik Suroboyo Bus ini.

      Delete

tambahkan teks diatas kolom komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel